01 July 2012

Mitos Italia Juara EURO 2012

Standard
Mitos Italia Juara EURO 2012
Mitos Italia Juara EURO 2012 sangat mungkin menjadi kenyataan. Prediksi itu gencar disuarakan banyak pihak setelah muncul kasus pengaturan skor di liga domestik negara tersebut. Pada 2006, saat muncul kasus serupa, Azzuri pun akhirnya mampu menjuarai Piala Dunia pada saat itu.

Cesare Prandelli, pelatih Italia pada Piala Eropa 2012, secara tegas menolak perbandingan itu. Perbandingan dengan 2006 tampak klise bagi saya. Mereka mengatakan, pada saat paling sulit, Italia akan lebih kompak,” katanya. Saya memang berharap hal itu akan memberi efek, tapi saya tidak percaya teori bahwa Italia hanya memberi yang terbaik saat berada di bawah tekanan.”

Namun prediksi dan mitos bahwa Italia selalu mampu tampil bagus saat berada dalam tekanan didukung oleh fakta nyata. Tim Italia selalu berhasil menjadi juara saat sepak bola domestik mereka berada dalam kondisi terpuruk dan tidak kondusif.

Di tahun 1982 dalam skandal Totonero, Azzuri meraih titel juara dunia setelah didahului kasus suap di kompetisi domestik. Paolo Rossi, penyerang utama Italia yang mencetak enam gol dalam turnamen tersebut. Rossi terlibat dalam kasus tersebut saat masih memperkuat Perugia dan saat itu ia dikenai sanksi tiga tahun dilarang tampil dalam pertandingan domestik. Sanksi tersebut akhirnya berkurang menjadi dua tahun setelah adanya permohonan banding.

Skandal Totonero itu diungkap oleh Guardia di Finanza, sebuah badan penegakan hukum yang berada di bawah Kementerian Ekonomi dan Keuangan Italia, setelah mendengar kesaksian dari beberapa pihak yang mengetahui bahwa beberapa pemain Italia tega menjual pertandingan demi uang. Skandal itu telah menyeret beberapa klub di Seri A, seperti AC Milan, Lazio, Perugia, Bologna dan Avellino serta beberapa klub Seri B  seperti Taranto dan Palermo.

Kasus serupa muncul kembali ketika akan berlangsung Piala Dunia 2006 di Jerman. Dalam skandal yang kemudian lebih dikenal dengan calciopoli itu, beberapa klub besar Seri A terbukti telah mengatur skor dan berbuntut didegradasinya Juventus ke Seri B. Direktur Teknik Juventus, Luciano Moggi, dijatuhi sanksi tidak boleh terlibat dalam sepak bola seumur hidup. Entah kebetulan atau tidak, Azzuri pun meraih titel juara dunia keempatnya setelah mengalahkan Prancis di Berlin lewat adu penalti.

Berselang enam tahun, dalam persiapan menuju Piala Eropa 2012, Italia kembali diguncang skandal suap yang melibatkan sejumlah klub Seri A dan Seri B. Prandelli pun meninggalkan salah satu pemain andalannya, Domenico Crisito, karena diduga terlibat.

Selain mitos skandal yang berefek terhadap kesuksesan Italia, mitos lain yang selalu mengiringi Italia adalah kesuksesan Juventus yang selalu berdampak terhadap perjalanan timnas Italia. Seperti saat Piala Dunia 2006, saat Juventus mengirim lima pemain ke timnas dan menjadi klub yang paling banyak menyumbang pemain, selain Milan, Italia menjadi juara dunia.

Perjalanan Italia di turnamen besar pun sering dikandaskan oleh para pemain yang kemudian juga memperkuat Juventus, dan sukses. Pada Piala Eropa 1996, Italia kalah oleh Republik Ceko melalui gol tunggal Pavel Nedved. Enam tahun berselang, Nedved pindah ke Juventus.

Di Piala Eropa 2000, Italia gagal di final, setelah David Trezeguet mencetak gol di ketika  pertandingan akan berakhir. Seusai turnamen, pemain keturunan Argentina itu pindah pula ke Juventus. Di Piala Eropa 2004, Italia gagal lolos dari putaran grup setelah Swedia dan Denmark “bermain mata” dalam pertandingan terakhir.

Dalam dua pertandingan awal, Italia bermain tanpa gol dengan Denmark. Lalu, dalam pertandingan kedua, Italia ditahan Swedia 1-1, meski telah unggul hingga menjelang laga usai. Gol balasan Swedia dicetak Zlatan Ibrahimovic. Untuk lolos dari grup, Italia harus menang atas Bulgaria dalam pertandingan terakhir, tapi Denmark dan Swedia tidak boleh bermain imbang. Nyatanya, meski Italia berhasil mengalahkan Bulgaria, Swedia dan Denmark bermain imbang 2-2. Dua negara Skandinavia itu pun lolos. Italia digagalkan oleh gol Ibrahimovic dalam pertandingan kedua. Seusai turnamen itu, Ibrahimovic bergabung dengan Juventus dari Ajax Amsterdam.

Namun, tidak seperti kebanyakan orang Italia yang cenderung lebih percaya pada mitos, Prandelli tampak lebih logis dan realistis. Bagi dia, pencapaian baik dalam sebuah turnamen harus melalui persiapan yang juga matang. Tak mengherankan, sebelum uji coba melawan Rusia, mantan pelatih Fiorentina itu sempat melontarkan sebuah wacana untuk menarik diri dari Piala Eropa, meski kemudian Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) berkeras untuk jalan terus. “Kami hanya bisa memberikan yang terbaik dalam suasana tenang,” kata Prandelli.

Dalam situasi keruh itu, Prandelli memang harus melihat timnya sempat kedodoran dalam persiapan menuju Polandia-Ukraina. Salah satu pertandingan uji coba terpaksa dibatalkan karena ada insiden gempa bumi. Kemarin dinihari, Azzuri juga dibekap Rusia 0-3 dalam uji coba terakhirnya di Swiss. Kemenangan Rusia ditentukan oleh gol Alexander Kerzhakov dan dua gol Roman Shirokov.

Setelah melalui pertandingan yang ketat melawan Jerman pada babak semifinal, akhirnya Italia mampu memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 1-2 untuk Italia. Kedua gol dicetak oleh aksi spektakuler Balotelli. Di Final, Italia akan bertemu dengan Spayol. Akankan Mitos Italia Jura EURO 2012 tersebut akan terbukti? Ayo kita buktikan lewat AgenLiga Sebagai Agen Bola Online Untuk Euro 2012 .                       

0 comments: