30 January 2009

Bisnis Afiliasi Amazon

Standard

Bermula dari sebuah garasi mobil, Amazon kini berkembang menjadi toko perdagangan virtual raksasa yang menyediakan barang dagangan super lengkap, seperti buku, DVD, MP3, Peralatan olahraga, Software, Gadget, Video Games, Perhiasan hingga Lingerie (pakaian dalam wanita).



Proses jual beli yang terjadi didalamnya pun sangat mudah. Buat yang menjual barang ke amazon, Deal harga terjadi saat item telah benar-benar dikirim ke kustomer. Persentasenya juga tidak terlalu banyak. Jika Anda menjual buku bekas seharga US $20, uang jasa yang diambil amazon adalah $3.


Afiliasi Produk Amazon


Salah satu faktor yang membuat amazon semakin bertambah besar adalah mengguritanya jaringan program affiliasi yang secara tak langsung menjadi motor promosi dimana-mana. Program affiliasi adalah sebuah program dimana kita ikut mempromosikan produk-produk yang dijual dan sebagai imbalannya kita akan mendapatkan revenue share/imbalan tiap kali ada transaksi (biasa disebut juga CPA /Cost Per Action). Contoh perhitungannya seperti dibawah ini (lumayan, hasilnya buat beli jam tangan :) ).



Dengan penjualan sistem afiliasi CPA, kita tinggal menentukan jenis barang yang akan kita jual di Internet. Caranya suaaangat-suangaaat mudah, kita tinggal meng-copy kode-kode yang akan tersambung ke sistem afiliasi mereka dan mereka yang akan menentukkan komisi setiap transaksi yang dihasilkan dari link ini. Nyaris tanpa modal apa-apa dan tentunya dengan resiko yang juga minim bila tidak berhasil (Anda tidak akan kehilangan banyak uang karena Anda sendiri tidak memasukkan terlalu banyak uang). Yang sulit adalah cara mendatangkan pelanggan yang banyak dan bersedia menjadi kustomer setia toko online Anda :) .



Beda kan, dengan sistem Reseller yang mewajibkan setiap orang untuk mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli produk untuk bergabung ?


Bagaimana caranya ?


Tentu semua orang berpikir, jika kompetisi pasar yang sudah sedemikian ramai, bagaimana merebut peluang untuk bersaing ?. Jika pasar yang kita akan masuki sudah established, peluang terbaik adalah membangun basis pelanggan secara perlahan untuk memenangkan persaingan dalam jangka panjang ( kata orang bijak :) ).


Contohnya adalah dengan bergabung bersama banyak orang berkumpul dan berbincang-bincang setiap hari, seperti lewat Yahoo Messenger, ICQ atau MSN.


Selanjutnya, Anda sekarang adalah konsultan bagi mereka dalam memilih produk-produk yang dijual. Jangan lupa juga buat tempat yang nyaman di web/blog saat mereka berkunjung. Tentunya hal ini akan menarik perhatian banyak orang dan menjadi jalan untuk menuai banyak visitor.



Contoh memilah produk buku untuk dijual di amazon :


- Buku dengan cover yang bagus dan berat biasanya akan membuat harga mahal akan ongkos kirim, jangan tampilkan di web/blog Anda.

- Buku non-fiksi lebih banyak dibaca daripada fiksi, misalnya Harry Potter.

- Selalu perbarui data buku yang berhubungan dengan komputer. Umurnya pendek dan biasanya cepat terbit edisi barunya.

- Untuk di wilayah tertentu, menjual buku teks sekolah/kuliahan bisa sangat menguntungkan jika harganya terjangkau.

- Jual buku dengan tema yang sedang ramai dibicarakan orang.

- Buku-buku seperti New Age, Yoga, Tai Chi, Fitness (plus DVD) biasanya selalu dicari orang.

0 comments: