29 January 2009

Website Toko Online AOM + Blog = Di Index Google

Standard

Yang sedang menekuni bisnis internet marketing, sudah pasti menginginkan website yang dimilikinya untuk masuk dalam jajaran teratas pada halaman top three search engine seperti google, yahoo atau msn, terutama Google ;) ya, karena dia menguasai kurang lebih 60% market para pengguna internet yang menggunakan fasilitas search engine untuk mencari sesuatu yang dibutuhkannya, baik itu berupa produk fisik, informasi ataupun jasa.




Dalam bahasan di blog ini mengenai cara membuat website toko online yang menjual produk amazon melalui software AOM (Associate O Matic), tentunya kita harus mencari cara agar supaya website toko online kita bisa ter-index dan menduduki posisi teratas dalam search engine. Sudah barang tentu teknik SEO (Search Engine Optimization) harus digunakan, dan ditunjang dengan trik lain supaya website toko online kita search engine friendly.


Salah satu cara yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah dengan menggunakan aplikasi CMS (Content Management System) yang kebanyakan kita sebut sebagai “Blog” amat sangat menunjang website toko online yang kita buat dengan AOM tersebut untuk tetap eksis di halaman search engine. Anda bisa menggunakan fasilitas blog yang disediakan gratis diinternet seperti blogger, joomla, wordpress, dll. Namun berhubung saya bisanya cuma wordpress, jadi saya hanya memberikan contoh menggunakan wordpress saja, terutama wordpress.org yang harus diinstall pada domain atau hosting anda.


Supaya memudahkan penjelasan, saya membuat gambaran seperti dibawah ini:



SEO Website Toko Online

Type 1 - SEO Website Toko Online AOM




Penjelasan Type 1:

Jika anda sudah menginstall AOM pada main(utama) domain anda seperti diatas, anda dapat menginstall blog pada direktori di domain anda tersebut. Nanti pada blog tersebut anda bisa tambahkan blogroll yang berisi link-link menuju kesetiap category yang ada pada website toko online AOM.

Kebetulan contoh ini sudah saya buat, anda bisa lihat pada www.birthdaypartysupplies.co.cc/birthdayparty/ perhatikan pada sisi sidebar nya, saya menempatkan blogroll yang hanya berisi link yang menuju ke category yang ada di website toko online.



SEO Website Toko Online AOM

Type 2 - SEO Website Toko Online AOM



Penjelasan Type 2:


Pada prinsipnya hampir sama dengan type 1 tadi, hanya saja disini kondisinya jika anda sudah punya blog dan ingin membuat toko online untuk blog anda tersebut. Atau, bisa saja anda ingin lebih mengedepankan blog anda ketimbang website toko online nya, anda bisa install AOM pada direktori yang anda kehendaki. Nanti pada blog anda tinggal dibuat blogroll yang sama seperti contoh pertama tadi, dimana setiap link nya menuju kepada setiap category yang ada pada website toko online anda tersebut.


Mengapa menggunakan blog?

Karena blog merupakan format website yang disukai oleh search engine selain itu dia sangat search engine friendly, mengingat content nya yang secara berkala selalu ter-update. Oleh karena itu, jika anda menggunakan blog, jangan lupa untuk selalu rutin mengupdate postingan disana.


Tips & trik:

- Jika anda bingung untuk membuat postingan, ambil saja bahannya dari toko online anda atau amazon, pilih salah satu produk yang ada pada website AOM anda, insert produk link dan copy-paste saja review yang ada pada produk tersebut.

- Selain itu, pada blog tersebut bisa juga anda tambahkan iklan lain seperti Google Adsense misalnya, lumayan kan untuk tambahan income ;)

- Sebisa mungkin anda melakukan posting 1 kali sehari. Dengan begitu, si robot search engine akan rajin datang ke website anda untuk tetap mengindex website toko online anda :D



Mudah-mudahan info ini bermanfaat bagi anda yang ingin memaksimalkan website toko online AOM nya, selamat mencoba!

0 comments: