29 January 2009

Cara Seting Menu Categories AOM Untuk Search Engine

Standard

Ada 2 kepentingan pada saat kita menyeting produk Amazon untuk website toko online AOM anda. Setelah anda menyeting menu Site, ada hal yang perlu diperhatikan juga pada saat menyeting menu Categories, yaitu kolom “Cat ID” dan “Name”. Disinilah kita dihadapkan pula pada tantangan untuk dapat menyesuaikan 2 faktor antara kebutuhan untuk si robot search engine dan estetika website bagi pengunjung website AOM kita.




Mengapa saya katakan demikian, karena nilai ke dua kolom tersebut sama-sama memiliki pengaruh pada faktor tadi. Saya akan coba jelaskan bagaimana kolom Cat ID dan Name pada menu Categories mempunyai efek pada tampilan website toko online dan search engine, kira-kira sebagai berikut:


Kolom Cat ID

Pada postingan sebelumnya saya mengatakan bahwa sebaik nya Cat ID mengandung kata kunci turunan (long tail keyword), karena nilai pada Cat ID ini akan digunakan oleh AOM pada url website kita (lihat gambar)



seting menu Categories

seting menu Categories



url website AOM

url website AOM


Dengan menempatkan kata kunci pada Cat ID maka url website pun akan mengandung kata kunci, dengan begitu diharapkan website kita semakin tinggi prioritas nya dimata search engine karena antara nilai url, title dan content website saling memperkuat kata kunci yang kita target. Jadi, jika ada orang yang mencari kata kunci yang berhubungan dengan website kita tersebut melalui google.com misalnya, maka diharapkan website kita yang akan muncul diurutan lebih dulu dibanding website lain yang menawarkan content yang sama dengan website kita :P



Kolom Name

Hampir sama penjelasannya pada Cat ID, nilai dari kolom Name juga akan digunakan AOM pada url website. Hanya saja nilai kolom Name ini pun akan dapat terlihat oleh visitor website kita, yaitu di tab categories (lihat gambar)



nilai Name pada url

nilai Name pada url



nilai Name pada website

nilai Name pada website


Sekali lagi kita telah menempatkan kata kunci pada url, dan hal ini akan memperkuat posisi halaman website kita dimana url nya sesuai dengan content yang ditampilkan. Karena nilai kolom Name akan dapat terlihat juga pada website anda, sebaiknya anda perhatikan juga sisi estetika atau arti dari category website anda tersebut, jangan karena memaksakan penempatan kata kunci justru malah category anda tidak memiliki arti jika diterjemahkan.


Konsep ini bukan saja berlaku pada website toko online dengan AOM, anda juga bisa gunakan pada website atau blog anda yang lain untuk memperhatikan kondisi antara url dan content website/blog. Dengan menempatkan kata kunci pada url website maka akan mempertegas posisi halaman website anda pada search engine untuk kata kunci atau keyword yang anda target.

0 comments: